VIDEO GAME era 1980-an

   Industri game komputer mengalami sakit pertama tumbuh besar di awal 1980-an sebagai penerbit muncul, dengan jujur ​​banyak bisnis-kadang bertahan setidaknya 20 tahun, seperti Arts-bersama Electronic fly-by-malam operasi yang menipu pengembang permainan '. Sementara beberapa awal '80-an permainan yang klon sederhana dari judul arcade yang ada, biaya penerbitan yang relatif rendah untuk game komputer pribadi diperbolehkan untuk berani, permainan unik.Genre inovasi
   Zaman keemasan video game arcade mencapai puncaknya pada 1980-an. Usia membawa dengan itu permainan teknis inovatif dan genre-mendefinisikan banyak dikembangkan dan dirilis dalam beberapa tahun pertama dekade ini, termasuk:

    
Aksi-game petualangan: The Legend of Zelda (1986) membantu mendirikan genre action-adventure, menggabungkan unsur-unsur dari genre yang berbeda untuk menciptakan hibrida yang menarik, termasuk eksplorasi, teka-teki transportasi, petualangan ala teka-teki persediaan, komponen tindakan, sistem moneter , dan disederhanakan RPG-gaya bangunan tingkat tanpa poin pengalaman. [52] Permainan ini juga merupakan contoh awal dari dunia yang terbuka, nonlinear gameplay, dan memperkenalkan inovasi seperti hemat baterai cadangan.


    Aksi role-playing game: Dragon Slayer II: Xanadu (1985) dianggap penuh aksi pertama role-playing game, dengan statistik karakter dan pencarian besar, dengan tindakan berbasis tempurnya pengaturan membedakannya dari RPG lainnya. Zelda II: The Adventure of Link (1987), yang dikembangkan oleh Shigeru Miyamoto, ditetapkan lebih lanjut dan dipopulerkan genre action-RPG muncul.

    
Petualangan permainan: Zork (1980) lebih lanjut dipopulerkan game petualangan teks di komputer rumah dan mendirikan dominasi pengembang Telematika di lapangan. Seperti komputer awal seringkali tidak memiliki kemampuan grafis, petualangan teks terbukti berhasil. Mystery House (1980), pertandingan Roberta Williams untuk Apple II, adalah game petualangan pertama grafis pada komputer rumah. Grafis terdiri sepenuhnya dari gambar monokrom statis, dan antarmuka masih menggunakan perintah diketik petualangan teks. Hal ini terbukti sangat populer pada waktu itu, dan dia dan suami Ken pergi ke ditemukan Sierra On-Line, produsen utama game petualangan. Quest Raja (1984) diciptakan oleh Sierra, meletakkan dasar untuk game petualangan modern. Ini fitur grafis warna dan sudut pandang orang ketiga. Sebuah karakter pemain di layar dapat dipindahkan di belakang dan di depan obyek pada latar belakang 2D ditarik dalam perspektif, menciptakan ilusi pseudo-3D ruang. Perintah masih masuk melalui teks. Maniac Mansion (1987) dihapus entri teks dari game petualangan. LucasArts membangun sistem SCUMM untuk memungkinkan titik dan antarmuka klik. Sierra dan perusahaan permainan lainnya segera diikuti dengan sendiri mouse digerakkan permainan.


    
Beat 'em up: Karateka (1984), dengan animasi perintis rotoscoped, dan Kung-Fu Master (1984), Hong Kong bioskop-terinspirasi aksi permainan, meletakkan dasar untuk sisi-bergulir mengalahkan' em up dengan gameplay sederhana dan beberapa musuh. Nekketsu Koha Kunio-kun (1986), juga dirilis sebagai Renegade, menyimpang dari tema seni bela diri dari pertandingan sebelumnya, memperkenalkan jalan berkelahi dengan genre, dan menetapkan standar untuk mengalahkan masa depan 'em up permainan karena memperkenalkan kemampuan untuk bergerak secara horisontal dan vertikal.


    
Platformer Cinematic: Prince of Persia (1989) adalah platformer sinematik pertama.
    
Komputer video game role-playing: Akalabeth (1980) diciptakan pada tahun yang sama dengan Rogue (1980); Akalabeth menyebabkan penciptaan sekuel Ultima spiritualnya (1981). Sekuel-sekuelnya adalah inspirasi bagi beberapa Jepang pertama role-playing video game, bersama Sihir (1981). Tale The Bard (1985) oleh Entertainment Interplay dianggap komputer role-playing game video pertama untuk menarik khalayak luas yang tidak cocok sampai Blizzard Entertainment Diablo.


    
Console peran-bermain video game: Dragon Warrior (1986), yang dikembangkan oleh Yuji Horii, adalah salah satu role-playing game awal video. Dengan anime-gaya grafis oleh Akira Toriyama (Dragon Ball ketenaran), Dragon Quest menetapkan sendiri terpisah dari komputer role-playing video game. Ini melahirkan waralaba Dragon Quest dan menjabat sebagai cetak biru untuk genre konsol muncul RPG, menginspirasi orang-orang seperti Phantasy Star Sega (1987) dan Final Fantasy Square (1987), yang melahirkan waralaba Fantasy sendiri sukses Final dan memperkenalkan side-view turn-based battle system, dengan karakter pemain di sebelah kanan dan musuh di sebelah kiri, kemudian ditiru oleh RPG berbagai Megami Tensei (1987) dan Phantasy Star (1987). mendobrak tradisi, meninggalkan abad pertengahan pengaturan dan tema pedang dan ilmu sihir umum di RPG kebanyakan, mendukung pengaturan modern / futuristik dan tema fiksi ilmiah.


    
Permainan pertempuran: Karate Champ (1984), aksi permainan data Timur, dikreditkan dengan membangun dan mempopulerkan satu-satu genre pertempuran permainan, dan melanjutkan untuk mempengaruhi Yie Ar Kung-Fu Yie Konami Ar Kung Fu (1985), yang diperluas pada Champ Karate dengan mengadu pemain terhadap berbagai lawan, masing-masing dengan penampilan unik dan gaya bertarung. Street Fighter (1987), yang dikembangkan oleh Capcom, memperkenalkan penggunaan bergerak khusus yang hanya bisa ditemukan dengan melakukan percobaan dengan kontrol permainan. 


    
Hack dan slash: Golden Axe (1988) adalah diakui untuk hack visceral dan memangkas aksi dan modus koperasi dan berpengaruh melalui seleksi atas protagonis berganda dengan gaya bertarung yang berbeda.


    
Film Interaktif:. Astron Belt (1983), sebuah penembak orang pertama awal, adalah video game Laserdisc pertama dalam pembangunan, menampilkan live-action footage FMV di mana pemain / musuh kapal dan api laser ditumpangkan Lair Naga ( 1983) adalah video game Laserdisc pertama yang akan dirilis, mengalahkan Belt Astron untuk rilis publik.


    
Platform permainan: Ruang Panic (1980) kadang-kadang dikreditkan sebagai platform game pertama, dengan gameplay berpusat pada memanjat tangga antara lantai yang berbeda. Donkey Kong (1981), sebuah game arcade yang dibuat oleh Nintendo Shigeru Miyamoto, adalah pertandingan pertama bahwa pemain diperbolehkan untuk melompati rintangan dan melintasi kesenjangan, sehingga platformer sejati pertama. Permainan ini juga memperkenalkan Mario, sebuah ikon dari genre. Mario Bros (1983), yang dikembangkan oleh Shigeru Miyamoto, menawarkan dua pemain bermain koperasi simultan dan meletakkan dasar bagi dua pemain platformers koperasi.


    
Scrolling platformers: Jump Bug (1981), Alpha Denshi platform-shooter, adalah permainan platform pertama yang menggunakan grafis bergulir Jungle Taito Raja (1982) bergulir melompat fitur dan urutan run yang memiliki pemain melompat rintangan.. Namco mengambil platformer bergulir selangkah lebih maju dengan Pac-Land (1984), yang merupakan game pertama yang memiliki fitur multi-layered bergulir paralaks dan mirip kemudian platformers bergulir seperti Super Mario Bros (1985) dan Boy Ajaib (1986).


    
Scrolling penembak: Defender (1980) menetapkan penggunaan side-scrolling di menembak 'em up, menawarkan tingkat horizontal diperpanjang. Perebutan (1981) adalah yang pertama side-scroller dengan beberapa, tingkat yang berbeda. Jump Bug (1981) adalah sebuah platform penembak-sederhana di mana pemain mengendalikan mobil memantul. Itu menampilkan tingkat yang menggulir secara horisontal dan vertikal. Vanguard (1981) adalah baik penembak bergulir horizontal dan vertikal yang memungkinkan pemain untuk menembak di empat arah. Xevious (1982) sering disebut sebagai penembak vertikal pertama dan, meskipun didahului oleh permainan beberapa menampilkan scrolling vertikal, itu yang paling berpengaruh Bulan Patroli (1982) memperkenalkan teknik bergulir paralaks dalam komputer grafis.. Gradius (1985) memberikan pemain kontrol yang lebih besar pilihan persenjataan, sehingga memperkenalkan elemen lain dari strategi. Permainan juga memperkenalkan kebutuhan pemain untuk menghafal tingkat untuk mencapai setiap ukuran kesuksesan. Thrust (1986) memiliki manuver pemain angkasa melalui serangkaian lanskap kavernosa 2D, dengan tujuan memulihkan pod terjumbai, sementara menangkal gravitasi, inersia dan menghindari atau menghancurkan menara musuh.


    
Isometric platformer: Congo Bongo (1983), yang dikembangkan oleh Sega, adalah platformer isometrik pertama.


    
Penembak isometrik: Zaxxon (1982) adalah game pertama yang menggunakan proyeksi isometrik.


    
Gun shooter Cahaya: The Zapper SPN adalah senjata utama pertama cahaya. Permainan lightgun paling sukses adalah Duck Hunt (1984), yang datang dikemas dengan SPN. 


    
Maze permainan: Pac-Man (1980) adalah pertandingan pertama untuk mencapai popularitas yang luas dalam budaya arus utama dan karakter permainan pertama menjadi populer di kanan sendiri. Rakasa Maze 3D (1981) adalah game 3D pertama untuk komputer rumah, sementara Dungeons of Daggorath (1982) menambahkan berbagai senjata dan monster, efek suara canggih, dan "detak jantung" memantau kesehatan.


    
Platform-adventure game: Metroid (1986) adalah permainan awal untuk memadukan fundamental permainan platform dengan unsur action-adventure game, bersama unsur RPG. Unsur-unsur termasuk kemampuan untuk menjelajahi daerah yang bebas, dengan akses ke daerah-daerah baru dikendalikan oleh baik memperoleh kemampuan baru atau melalui penggunaan persediaan Zelda II: The Adventure of Link (1987) dan Castlevania II:. Simon Quest (1987) adalah dua contoh awal lain dari platform-petualangan permainan.


    
Racing games: Turbo (1981), oleh Sega, adalah game balap pertama dengan format perspektif orang ketiga, spion. Pole Position (1982), oleh Namco, digunakan berbasis sprite, pseudo-3D grafis ketika menyempurnakan "spion Format pembalap" di mana tampilan pemain berada di belakang dan di atas kendaraan, melihat ke depan sepanjang jalan dengan cakrawala terlihat . Gaya akan tetap digunakan secara luas bahkan setelah grafis 3D benar menjadi standar untuk balap game.


    
Rail shooter: Astron Belt (1983) adalah seorang penembak orang pertama kereta api awal, selain menjadi video game Laserdisc. Ini fitur live-action footage FMV di mana pemain / musuh kapal dan api laser ditumpangkan. [12] Space Harrier (1985) adalah seorang penembak rel awal yang membuat terobosan baru grafis dan berbagai luas pengaturan di beberapa tingkatan memberikan lebih banyak pemain bertujuan untuk dibandingkan nilai yang tinggi [78]. [79] Itu juga sebuah contoh awal dari penembak orang ketiga. 


    
Real-time strategy: Herzog Zwei (1989) dianggap sebagai permainan strategi real-time pertama, mendahului genre-mempopulerkan Dune II, tidak seperti 1988 pendahulunya (Herzog), hotel ini memiliki pos-pos yang dapat digunakan untuk memperoleh pendapatan tambahan; sehingga permainan strategis serta satu taktis. Ini adalah contoh awal dari sebuah permainan dengan set fitur yang jatuh di bawah definisi kontemporer modern RTS.


    
Run & gun penembak: Hover Attack (1984) untuk X1 tajam adalah menjalankan awal & penembak senjata yang bebas menggulir ke segala arah dan memungkinkan pemain untuk menembak diagonal serta lurus ke depan. Tahun berikutnya merilis Thexder (1985), judul terobosan untuk penembak run & gun Commando (1985) adalah contoh berpengaruh pertama dari penembak menampilkan karakter berjalan kaki daripada di kendaraan.. 


    
Rhythm permainan: Aerobik Tari dirilis pada tahun 1987, dan memungkinkan pemain untuk menciptakan musik dengan menginjak Nintendo Power Pad perifer. Telah disebut irama permainan-tindakan pertama dalam retrospeksi. 


    
Stealth permainan: 005 (1981), sebuah game arcade oleh Sega, adalah contoh paling awal dari sebuah permainan siluman berbasis Metal Gear (1987), yang dikembangkan oleh Hideo Kojima, adalah permainan siluman pertama. dalam kerangka aksi-petualangan, dan menjadi sukses secara komersial pertama siluman permainan, pemijahan seri Metal Gear.


    
Survival horror: Haunted House (1981) memperkenalkan unsur-unsur fiksi horor dalam video game. Sweet Home (1989) memperkenalkan banyak staples modern dari genre survival horror. Gameplay melibatkan berjuang makhluk mengerikan dan teka-teki pemecahan. Dikembangkan oleh Capcom, permainan akan menjadi pengaruh terhadap Kejahatan kemudian mereka rilis Resident (1996), memanfaatkan konsep desain seperti pengaturan rumah dan "membuka pintu" layar beban. 


    
Game simulasi kendaraan: Battlezone (1980) digunakan grafis vektor gambar rangka untuk menciptakan pertama benar tiga dimensi dunia permainan. Elite (1984), yang dirancang oleh David Braben dan Ian Bell, diantar dalam usia grafis 3D gaya modern. Permainan berisi dunia vektor meyakinkan, penuh 6 derajat kebebasan bergerak, dan ribuan sistem planet visitable. Hal ini dianggap sebagai pelopor genre ruang simulator penerbangan permainan.


    
Novel Visual: Kasus Pembunuhan Portopia Serial (1983), yang dikembangkan oleh Yuji Horii (Dragon Quest ketenaran), adalah visual novel pertama dan salah satu dari Jepang awal permainan petualangan grafis. Hal ini dilihat dalam sudut pandang orang pertama, mengikuti narasi orang pertama, dan merupakan game petualangan pertama Jepang yang memiliki fitur grafis warna. Ini terinspirasi Hideo Kojima (Metal Gear dari ketenaran) untuk memasuki industri video game dan kemudian memproduksi sendiri petualangan grafis nya klasik, Snatcher (1988).


Game komputer
   Menyusul keberhasilan Apple II dan Commodore PET di akhir 1970-an, serangkaian saingan lebih murah dan tidak kompatibel muncul pada awal tahun 1980. Ini batch kedua termasuk Commodore VIC-20 dan 64, Sinclair ZX80, ZX81 dan Spectrum ZX, NEC PC-8000, PC-6001, PC-88 dan PC-98, X1 Sharp dan X68000, dan Atari 8-bit keluarga, BBC Mikro, Acorn Electron, Amstrad BPK, dan seri MSX. Ini saingan membantu mengkatalisis baik komputer Rumah dan pasar Games, dengan meningkatkan kesadaran komputasi dan game melalui kampanye iklan mereka bersaing.
    Sesaji Sinclair, Acorn, dan Amstrad umumnya hanya dikenal di Eropa dan Afrika, persembahan NEC dan Sharp umumnya hanya dikenal di Asia, dan MSX memiliki basis di Amerika Utara dan Selatan, Eropa, dan Asia, sedangkan AS Apple berbasis , Commodore dan Atari persembahan yang dijual baik di Amerika Serikat dan Eropa.
   Pada tahun 1984, pasar game komputer mengambil alih dari pasar konsol setelah kecelakaan tahun itu, komputer yang ditawarkan kemampuan game yang sama dan, karena desain yang sederhana diperbolehkan permainan untuk mengambil alih komando lengkap hardware setelah power-on, mereka hampir sesederhana untuk mulai bermain dengan sebagai konsol.



The Commodore 64 Sistem
  Commodore 64 dirilis ke publik pada bulan Agustus 1982. Ini menemukan sukses awal karena dipasarkan dan harga agresif. Ini memiliki lingkungan pemrograman BASIC dan kemampuan grafis dan suara yang canggih untuk saat itu, mirip dengan konsol Colecovision. Hal ini juga memanfaatkan port game yang sama kontroler dipopulerkan oleh Atari 2600, yang memungkinkan gamer untuk menggunakan joystick lama mereka dengan sistem. Ini akan menjadi komputer rumah yang paling populer saat itu di Amerika Serikat dan banyak negara lain dan model komputer tunggal terlaris sepanjang masa internasional.
   Pada sekitar waktu yang sama, ZX Spectrum Sinclair dirilis di Inggris dan dengan cepat menjadi komputer rumah yang paling populer di banyak daerah Eropa Barat-dan kemudian Blok Timur-karena kemudahan yang klon bisa diproduksi.
   IBM PC komputer yang kompatibel menjadi platform game secara teknis kompetitif dengan PC IBM / AT pada tahun 1984. The CGA primitif grafis dari model-model sebelumnya, dengan hanya 4-warna 320 × grafis piksel 200 (atau, dengan menggunakan program khusus, 16-warna 160 × 100 grafis [93]) telah membatasi banding PC ke segmen usaha, sebagai grafis yang gagal untuk bersaing dengan C64 atau Apple II. The 64-warna baru [94] EGA tampilan standar grafis memungkinkan untuk mendekati kualitas dilihat di komputer rumah populer seperti Commodore 64. Kemampuan suara dari AT, namun masih terbatas pada speaker PC, yang lancar dibandingkan dengan built-in chip suara yang digunakan di komputer rumah banyak. Juga, biaya yang relatif tinggi dari sistem PC yang kompatibel sangat terbatas popularitas mereka di game.
   Macintosh Apple juga tiba saat ini. Ini tidak memiliki kemampuan warna dari Apple II sebelumnya, bukannya memilih resolusi pixel yang lebih tinggi, namun sistem operasi dukungan untuk GUI menarik pengembang beberapa permainan yang menarik (misalnya Lode Runner) bahkan sebelum warna kembali pada tahun 1987 dengan Mac II.
   Kedatangan Atari ST dan Commodore Amiga pada tahun 1985 adalah awal dari sebuah era baru dari 16-bit mesin. Bagi banyak pengguna mereka terlalu mahal sampai nanti di dalam dekade, di mana titik kemajuan dalam platform terbuka PC IBM telah menyebabkan compatibles PC IBM untuk menjadi comparably kuat dengan biaya lebih rendah dari pesaing mereka. Standar VGA dikembangkan untuk PS / 2 baris baru IBM pada tahun 1987 memberikan PC potensi untuk 256-warna grafis. Ini adalah lompatan besar ke depan dari kebanyakan 8-bit komputer rumah tetapi masih tertinggal platform dengan built-in suara dan hardware grafis seperti Amiga. Ini menyebabkan tren aneh sekitar '89-91 menuju pengembangan ke mesin tampaknya lebih rendah. Jadi sementara kedua ST dan Amiga adalah tuan rumah untuk game teknis yang sangat baik, waktu mereka menonjol terbukti lebih pendek dari pada mesin 8-bit, yang melihat port baru baik ke tahun 80-an dan bahkan 90-an.Yamaha YM3812 suara chip.


    Kartu suara didedikasikan mulai menangani masalah kemampuan suara miskin di compatibles IBM PC pada akhir 1980-an. Ad Lib menetapkan standar de facto awal untuk kartu suara pada tahun 1987, dengan kartu yang didasarkan pada chip suara YM3812 Yamaha. Hal ini akan berlangsung sampai diperkenalkannya Sound Blaster Creative Labs 'pada tahun 1989, yang mengambil chip dan menambahkan fitur baru namun tetap kompatibel dengan kartu Ad Lib, dan menciptakan standar de facto baru. Namun, banyak permainan masih akan mendukung dan hal langka seperti Roland MT-32 dan Sumber Disney Suara ke awal 90-an. Tingginya biaya awal kartu suara berarti mereka tidak akan menemukan digunakan secara luas sampai tahun 1990-an.
     Game shareware pertama kali muncul pada pertengahan 1980-an, tetapi keberhasilan yang besar datang pada 1990-an.
     Sistem buletin Dial-up papan yang populer di tahun 1980-an, dan kadang-kadang digunakan untuk bermain game online. Sistem seperti awal berada di akhir 1970-an dan awal 1980-an dan memiliki antarmuka plain-text mentah. Kemudian sistem memanfaatkan terminal kontrol kode (yang disebut ANSI art, yang mencakup penggunaan IBM-PC-spesifik karakter bukan bagian dari standar ANSI) untuk mendapatkan antarmuka pseudo-grafis. Beberapa BBSs menawarkan akses ke berbagai permainan yang dimainkan melalui seperti interface, mulai dari petualangan teks ke permainan judi seperti blackjack (umumnya dimainkan untuk "titik" daripada uang sungguhan). Pada beberapa BBSs multiuser (di mana lebih dari satu orang bisa online sekaligus), ada game yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan satu sama lain.
   Software superset menciptakan Snipes, teks-modus jaringan permainan komputer pada tahun 1983 untuk menguji jaringan IBM Komputer Personal komputer baru berbasis dan menunjukkan kemampuannya. Snipes secara resmi dikreditkan sebagai inspirasi asli untuk NetWare. Hal ini diyakini menjadi permainan jaringan pertama yang pernah ditulis untuk komputer pribadi komersial dan diakui bersama Perang Maze 1974 (sebuah multiplayer jaringan labirin permainan untuk mesin beberapa penelitian) dan Spasim (ruang simulasi multiplayer 3D untuk mainframe waktu bersama) sebagai prekursor untuk game multiplayer seperti Maze MIDI 1.987, dan Doom pada tahun 1993. Layanan online Komersial juga muncul selama dekade ini. Antarmuka pengguna pertama yang plain-text-mirip dengan BBSs-tetapi mereka dioperasikan pada komputer mainframe yang besar, memungkinkan sejumlah besar pengguna untuk secara online sekaligus. Pada akhir dekade, layanan inline memiliki lingkungan sepenuhnya grafis menggunakan software khusus untuk setiap platform komputer pribadi. Populer layanan berbasis teks termasuk CompuServe, Source, dan Genie, sementara platform layanan khusus grafis termasuk PlayNET dan Link Quantum untuk Commodore 64, AppleLink untuk Apple II dan Macintosh, dan Link PC untuk IBM PC-yang semuanya dijalankan oleh perusahaan yang akhirnya menjadi America Online dan layanan-bersaing, Prodigy. Permainan interaktif adalah fitur layanan ini, meskipun sampai 1987 mereka menggunakan display berbasis teks, bukan grafis.Handheld LCD games
     Pada tahun 1979, Perusahaan Milton Bradley merilis sistem genggam pertama menggunakan kartrid dipertukarkan, Microvision. Sementara genggam menerima sukses sederhana pada tahun pertama produksi, kurangnya game, ukuran layar, dan kecelakaan video game tahun 1983 membawa kematian cepat sistem.
     Pada tahun 1980, Nintendo merilis game nya & garis Watch, permainan elektronik genggam yang mendorong puluhan permainan lainnya dan perusahaan mainan untuk membuat game portabel mereka sendiri, banyak di antaranya adalah salinan dari judul Game & Watch atau adaptasi dari game arcade populer. Meningkatkan teknologi LCD berarti handheld baru bisa lebih diandalkan dan mengkonsumsi baterai kurang dari permainan LED atau PKS, baterai menonton paling hanya membutuhkan. Mereka juga bisa dibuat jauh lebih kecil daripada handheld LED kebanyakan, bahkan cukup kecil untuk dikenakan di pergelangan tangan seseorang seperti arloji. Tiger Electronics meminjam konsep videogaming dengan murah, handheld terjangkau dan masih menghasilkan permainan dalam model ini sampai hari ini.Video game kecelakaan tahun 1983Artikel utama: Amerika Utara video game kecelakaan tahun 1983
     Pada akhir tahun 1983, industri mengalami kerugian lebih parah dari kecelakaan 1977. Ini adalah "kecelakaan" dari industri video game, serta kebangkrutan beberapa perusahaan yang memproduksi komputer rumah Amerika Utara dan konsol video game dari tahun 1983-an sampai 1984 awal. Ini membawa mengakhiri apa yang dianggap sebagai generasi kedua dari game konsol video. Penyebab kecelakaan itu meliputi produksi game yang dirancang buruk, yang paling terkenal yang termasuk ET the Extra-Terrestrial dan Pac-Man untuk konsol Atari 2.600. Pengetahuan popular seputar kecelakaan sekarang-legendaris menyatakan bahwa penjualan ET the Extra-Terrestrial menyimpang begitu buruk dari perkiraan mereka, bahwa Atari terkubur ribuan cartridge terjual di TPA di New Mexico.Ketiga generasi konsol (1983-1995) (8-bit)Artikel utama: Sejarah konsol permainan video (generasi ketiga)Nintendo Entertainment System atau NES.
   
Pada tahun 1985, Video Game Console pasar Amerika dihidupkan kembali dengan rilis Nintendo 8-bit konsol, Famicom, dikenal di luar Asia sebagai Nintendo Entertainment System (NES). Itu dibundel dengan Super Mario Bros dan langsung menjadi sukses. SPN mendominasi Amerika Utara dan pasar Jepang sampai munculnya generasi berikutnya konsol pada awal 1990-an. Pasar lain yang tidak didominasi, karena persaingan berat dari PC seperti ZX Spectrum dan Commodore 64 mencegah SPN memiliki banyak keberhasilan di Eropa, atau kurangnya pemasaran, yang memungkinkan konsol lain untuk menemukan penonton seperti Master System Sega di Australia dan Brasil (meskipun itu dijual di Amerika Utara juga).
   Dalam konsol baru, gamepad atau joypad, mengambil alih joystick, dayung, dan keypad sebagai controller game standar disertakan dengan sistem. Desain gamepad dari arah 8-Directional pad (atau D-pad untuk pendek) dengan 2 atau lebih tombol tindakan menjadi standar. Generasi ini juga ditandai pergeseran dominasi video game rumah dari Amerika Serikat ke Jepang.
   The Legend of Zelda series memulai debutnya pada tahun 1986 dengan The Legend of Zelda. Pada tahun yang sama, Dragon Quest seri debutnya dengan Dragon Quest, dan telah menciptakan sebuah fenomena dalam budaya Jepang sejak itu. Tahun berikutnya, Square perusahaan Jepang sedang berjuang dan Hironobu Sakaguchi memutuskan untuk membuat game-terakhirnya role-playing game (RPG) model setelah Dragon Quest dan berjudul Fantasy-menghasilkan Final di seri Final Fantasy, yang kemudian akan pergi untuk menjadi franchise RPG paling sukses. 1987 juga melihat kelahiran genre permainan siluman dengan pertandingan pertama Metal Gear Aksesoris Hideo Kojima seri 'Logam pada MSX2 komputer dan porting ke SPN sesaat setelah itu. Pada tahun 1989, Capcom merilis Sweet Home di SPN, yang berfungsi sebagai prekursor ke genre survival horror.
Pada tahun 1988, Nintendo menerbitkan edisi pertama mereka majalah Nintendo Power.
Generasi ini berakhir dengan penghentian SPN pada tahun 1995.

0 komentar: