Printer

   Dalam komputasi, printer adalah perangkat yang menghasilkan representasi dari sebuah dokumen elektronik pada media fisik seperti kertas atau film transparansi. Banyak printer adalah peripheral lokal terhubung langsung ke komputer pribadi di dekatnya. Printer jaringan memiliki built-in interface network dapat melayani setiap pengguna di dalam jaringan. Printer individu sering dirancang untuk mendukung pengguna terhubung jaringan lokal maupun pada waktu yang sama. Beberapa printer dapat mencetak dokumen yang disimpan pada kartu memori atau dari kamera digital dan scanner. Multifungsi printer (MFP) termasuk scanner dan dapat menyalin dokumen kertas atau mengirim faks, ini juga disebut multi-fungsi perangkat (MFD), atau all-in-one (AIO) printer. Kebanyakan LKM termasuk pencetakan, pemindaian, dan menyalin antara banyak fitur mereka.
   Konsumen dan beberapa printer komersial dirancang untuk pekerjaan cetak volume rendah, pendek-turnaround, memerlukan hampir tidak ada waktu setup untuk mencapai hard copy dari dokumen yang diberikan. Namun, printer umumnya perangkat lambat (30 halaman per menit dianggap cepat, dan banyak konsumen printer murah jauh lebih lambat dari itu), dan biaya per halaman sebenarnya relatif tinggi. Namun, hal ini diimbangi dengan kenyamanan on-demand dan biaya manajemen proyek menjadi lebih terkendali dibandingkan dengan solusi out-bersumber. Mesin cetak tetap menjadi mesin pilihan untuk volume tinggi, penerbitan profesional. Namun, seperti printer telah meningkatkan kualitas dan kinerja, banyak pekerjaan yang dulu dilakukan oleh toko-toko cetak profesional sekarang dilakukan oleh pengguna pada printer lokal, lihat desktop publishing. Printer lokal juga semakin mengambil alih proses photofinishing sebagai printer foto digital menjadi hal yang biasa.
   Printer komputer pertama di dunia adalah abad ke-19 aparat mekanis didorong ditemukan oleh Charles Babbage untuk mesin bedanya [1].
   Sebuah printer virtual adalah bagian dari perangkat lunak komputer yang antarmuka pengguna dan API menyerupai sebuah driver printer, tapi yang tidak terhubung dengan printer komputer fisik.

0 komentar: