Perusahaan teknologi lain nampaknya harus belajar dari
strategi marketing yang dilakukan oleh Apple. Setelah sebelumnya
berhasil menjadi perusahaan teknologi bernilai tertinggi, kini Apple
dinobatkan menjadi merek ternama kedua di dunia di bawah Coca Cola.
Penghargaan tersebut diberikan oleh Interbrand yang baru saja
meluncurkan daftar Best Global Brand 2012. Dalam laporan tersebut,
Interbrand menengarai bahwa Apple mengalami peningkatan nilai branding
yang sangat signifikan yakni sebesar 129 persen dengan total sebesar
$76.6 miliar USD. Sedangkan Coca Cola yang duduk di peringkat pertama
‘hanya’ mengalami peningkatan nilai merek sebesar 8 persen ke angka
$77.8 miliar USD.
Dengan tren positif yang sangat siginfikan tersebut, tak mengherankan
jika perusahaan yang kini dipimpin oleh Tim Cook tersebut bakal
berhasil mengalahkan Coca Cola. Lalu bagaimana dengan perusahaan
teknologi lain, seperti Google atau Microsoft?
Dua perusahaan tersebut masing-masing berada di tempat ke empat dan
ke lima. Menurut catatan Interbrand, Google mengalami kenaikan nilai
merek sebesar 26 persen menjadi $69.726 miliar USD, sedangkan Microsoft
mengalami penurunan sebesar 2 persen.
Peningkatan yang cukup besar juga diperoleh Samsung. Produsen
smartphone Android terbesar di dunia ini mengalami kenaikan nilai merek
sebesar 40 persen dan duduk di peringkat ke sembilan di bawah Intel. Hal
sebaliknya terjadi pada Nokia. Perusahaan yang berbasis di Finlandia
ini mengalami penurunan sebesar 16 persen dan duduk di peringkat 19.
#sitomgum | http://x.co/pqA0
0 komentar: