Di era serba digital seperti sekarang ini, memanfaatkan berbagai
macam sosial media untuk mempromosikan sebuah produk maupun jasa
tentunya menjadi salah satu alternatif tepat untuk mengoptimalkan omset
penjualan setiap bulannya. Bila dulunya para pelaku usaha lebih memanfaatkan strategi pemasaran
offline yang memakan biaya promosi cukup besar untuk memperkenalkan
produk-produknya, saat ini mereka mulai menggunakan sosial media online
untuk mempromosikan produk ataupun pelayanan jasa yang mereka tawarkan
melalui akun gratis di beberapa situs jejaring sosial. Contohnya saja
dengan membuat akun pribadi maupun fanpage di beberapa sosial media seperti facebook, twitter, google plus, blog, dan lain sebagainya.
Meskipun membuat akun di media sosial tersebut sangatlah mudah, namun
sampai hari ini masih banyak pelaku usaha yang belum sukses menjaring
calon konsumen melalui media online. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak
hal, salah satunya adalah kurangnya komitmen pelaku usaha untuk
memposting informasi secara rutin. Padahal, informasi yang Anda
postingkan menjadi alat yang paling penting untuk menarik minat
konsumen. Tidaklah heran bila ketika Anda pasif, maka calon konsumen
kurang tertarik untuk bergabung di fanpage Anda dan tentunya strategi promosi yang dijalankan belum bisa berjalan secara optimal.
Karenanya, untuk membantu para pelaku bisnis ketika berpromosi di
situs media online. Berikut ini kami informasikan contoh sederhana untuk
menyusun jadwal harian berpromosi di sosial media, sehingga strategi yang dijalankan bisa berjalan dengan rutin dan hasil yang didapatkan benar-benar maksimal.
Senin, mulai merencanakan dan menyusun informasi penting yang akan Anda postingkan di akun pribadi maupun fanpage
yang dimiliki perusahaan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mempersiapkan
tiga informasi menarik yang akan dipublish selama satu minggu kedepan.
Misalnya saja seperti mengatur jadwal posting rutin di hari Senin, Rabu,
dan Jumat, serta menentukan topik bahasan yang akan Anda angkat pada
pekan ini.
Selasa, setelah memposting satu informasi menarik
yang berhubungan dengan produk maupun bisnis jasa yang sedang Anda
jalankan saat ini. Selanjutnya di hari Selasa Anda bisa membalas coment,
retweet, message, atau respon lainnya dari para konsumen. Hal ini
cukuplah penting, agar loyalitas konsumen mulai terjaga sehingga mereka
semakin tertarik untuk berinteraksi dengan Anda dan mencari informasi
sebanyak-banyaknya mengenai produk terbaru yang Anda tawarkan saat ini.
Rabu, memberikan promo menarik untuk memancing
respon konsumen. Misalnya saja memberikan diskon khusus bagi para
konsumen yang memesan produk di hari Rabu, memberikan gratis ongkos
kirim bagi konsumen yang membeli produk di hari tersebut, atau
menginformasikan kegiatan promosi yang akan Anda selenggarakan pada
pekan ini. Dengan menginformasikan kegiatan promosi yang Anda jalankan,
maka konsumen tidak segan-segan untuk segera memesan produk melalui akun
Anda atau datang langsung ke tempat promosi yang ditentukan.
Kamis, memberikan respon balasan atas
komentar-komentar yang disampaikan para konsumen. Dalam hal ini,
tentunya Anda harus aktif memeriksa akun-akun yang dimiliki dan segera
memenuhi kebutuhan yang dicari para konsumen. Dari respon balasan yang
Anda berikan, tidak menutup kemungkinan bila salah satunya bisa tertarik
untuk membeli produk-produk unggulan yang ditawarkan.
Jumat, Anda bisa memanfaatkan hari jumat untuk
berbagi tips-tips ringan seputar bisnis yang Anda jalankan. Misalnya
saja Anda sedang menekuni bisnis kuliner, maka tidak ada salahnya bila
setiap hari jumat Anda berbagi informasi mengenai resep-resep masakan
yang bisa dicoba para konsumen dari dapur mereka.
Sabtu dan Minggu, pada saat weekend Anda bisa memanfaatkannya untuk berjalan-jalan ke situs online milik tetangga. Melalui strategi blog walking, Anda bisa mempromosikan link situs Anda kepada khalayak ramai dan bertukar informasi dengan pelaku bisnis online lainnya.
Dengan membuat jadwal harian, Anda bisa mempromosikan bisnis online
secara rutin dan menjaga konsistensi Anda dalam mengembangkan bisnis
tersebut. Selain itu, konsumen juga tidak cepat bosan dengan
penawaran-penawaran yang Anda postingkan, sehingga konsumen mulai
berdatangan, dan bisnis
Anda bisa menghasilkan omset yang cukup besar.
#sitomgum | http://x.co/q4Ga
0 komentar: