Planet Kerdil Makemake Tidak Beratmosfir

"

Para astronom berhasil memperoleh sebuah gambar penting dari planet kerdil Makemake dan menemukan bahwa planet tersebut tidak memiliki atmosfir.

Makemake merupakan salah satu dari lima planet kerdil di Tata Surya termasuk mantan planet Pluto, Makemake selama ini termasuk obyek yang sulit untuk dipelajari.

Tetapi pada April 2011, Makemake melintas diantara Bumi dan sebuah bintang jauh, dan astronom menggunakan tujuh teleskop untuk mempelajarinya.

Sebuah laporan di jurnal Nature menunjukan bagaimana mereka mepelajari ukuran, atmosfir dan kepadatan Makemake.

Dalam jurnal digambarkan bagaimana perdebatan sengit diantara komunitas astronomi sama seperti saat mereka mendemosi Pluto dari status planet di tahun 2006 yang kemudian oleh Persatuan Astronomi Internasional dimasukan dalam kategori ''planet kerdil''.

Pluto masuk dalam kategori ini bersama: Ceres, Haumea, Eris and Makemake.

Ceres, satu-satunya planet kerdil di dalam lingkaran dalam Tata Surya, sebelumnya telah dianalisa langsung dengan teleskop.

Eris dan Haumea yang berjarak lebih jauh juga telah dianalisa secara terpisah yang sekarang telah memberikan petunjuk bagi Makemake.

Atmosfir

"Planet kerdil ini tidak memiliki atmosfir yang signifikan", Jose Luis Ortiz.

Sekarang Makemake menjadi obyek penelitian oleh tim internasional pimpinan Jose Luis Ortiz dari Institusi Astrofisika Andalusia di Spanyol, dengan menggunakan tujuh teleskop berbeda di Brasil dan Cile.

Mereka mengamatinya saat planet kerdil ini memblokir cahaya bintang jauh Nomad 1181-0235723, hanya dalam waktu sekitar semenit.

Planet kerdil ini sebelumnya diketahui sekitar duapertiga ukuran Pluto, tetapi pengukuran dengan landasan yang lebih kuat menunjukkan bahwa planet itu tidak cukup bulat - sekitar 1.430 km dalam satu arah dan 1.500 km melintasi lainnya.

Tim ini memperkirakan Makemake memiliki kepadatan1.7 gram per kubik sentimeter (sama seperti Pluto, tetapi lebih sedikit dari dua pertiga Bumi), tetapi ujian sesungguhnya ada pada atsmofir planet ini.

"Saat Makemake melintas di depan bintang dan memblokirnya, bintang menghilang dan kembali muncul dengan tiba-tiba, bukannya kabur dan bercahaya secara bertahap,'' kata Dr Ortiz.

"Ini berarti bahwa planet kerdil ini tidak memiliki atmosfir yang signifikan. Diyakini bahwa Makemake memiliki kesempatan yang bagus untuk mengembangkan atmosfir.''

''Menemukan fakta tentang Makemake untuk pertamakalinya, menjadi sebuah langkah besar untuk mempelajari sejumlah planet es kerdil,'' tambah Ortiz.

#sitomgum | http://x.co/puEs

0 komentar: