90 Persen Smartphone di Cina Gunakan Sistem Operasi Android

Handphone dan tablet Android kini benar-benar menguasai dataran Cina. Tingkat penggunaan sistem operasi mobile bikinan Google tersebut pun kini mencapai prosesntase 90.1 persen, meningkat sebesar 58.2 persen dibandingkan tahun lalu.


Data ini merupakan data yang diperoleh Analysys International. Menurut data tersebut, tren penggunaan handphone dan tablet Android di Negeri Tirai Bambu tersebut pun terus mengalami kenaikan. Pada kuartal sebelumnya, penggunaan OS tersebut mencapai 83 persen.

Dari data yang sama juga menunjukkan bahwa penggunaan iOS milik Apple mengalami penurunan. Analysys International mencatat bahwa terdapat penurunan dari angka 6 persen menuju 4.2 persen dalam penggunaan iOS di Cina.


Namun, Analysys International mencatat bahwa data tersebut belum termasuk pasar abu-abu. Seperti diketahui, saat ini iPhone 5 belum masuk ke pasaran Cina. Namun, tak menutup kemungkinan banyak penjual yang menyelundupkan iPhone 5 dari Hong Kong ke Cina.

Nasib serupa juga dihadapi oleh Symbian milik Nokia. Bahkan penurunan yang terjadi pada sistem operasi tersebut pun cukup drastis, dari 6 persen turun menjadi 2.4 persen. Padahal dalam beberapa waktu mendatang, Nokia merupakan salah satu perusahaan handphone yang dominan di pasaran Cina.

#sitomgum | http://x.co/pi2s

0 komentar: